Bagaimana cara untuk meningkatkan tinggi loncatan

Hi all..

Profesi gw (sesuai ID gw) memang kadang dianggap gak sesuai dengan hobi gw yang satu ini. Basket.. Dari pertama kali kenal basket hingga sekarang, gw tetep cinta dengan yang namanya basket. Walaupun gw tidak menjalankan atau hanya setengah2. Gw mencoba untuk berbagi mengenai teori bagaimana untuk meningkatkan tinggi loncatan. Terutama dalam basket.

Pertama2, ya, genetik sangat berperan terhadap seberapa tinggi kita bisa melompat (seperti negro2 yang hampir bisa terbang), tapi dengan sedikit pengetahuan, kita bisa mencoba untuk meningkatkan loncatan kita dengan latihan dan tehnik tertentu.

Yang perlu diketahui bahwa otot tubuh kita terbagi atas 2 jenis otot. Tipe 1 dan tipe 2. Tipe 2 terbagi lagi menjadi 2, Tipe 2a dan 2b. Tipe I adalah otot tipe lambat (otot merah) atau otot stamina. Sesuai namanya (otot tipe lambat), pergerakan otot ini memang lambat, sehingga pergerakannya tidak explosive namun tahan lama. Berbeda sebaliknya dengan otot tipe 2, yang bersifat cepat dan explosive tapi juga cepat capek.

Jadi, mengapa kita perlu tahu tentang jenis2 otot untuk meninggikan loncatan? Karena untuk meninggikan loncatan, yang sangat berperan adalah otot tipe 2, terutama tipe 2 b yaitu tipe super fast muscle. Jadi, untuk meninggikan loncatan, kita perlu melatih otot2 ini secara spesifik.

Dalam meloncat, bukan hanya kekuatan yang jadi dasarnya tapi terutama seberapa cepat kekeuatan itu dilepaskan. Perbandingannya seperti per kecil dengan per besar. Manakah yang lebih tinggi loncatannya? Jadi dalam meloncat, kita perlu meloncat secepat mungkin untuk mendapatkan momentumnya. Kta akan bahas lain waktu. Yang kan dibahas sekarang adalah jenis latihan yang bisa dilakukan untuk meningkatkan loncatan.

Jenis latihan yang perlu kita lakukan adalah latihan fisik max dengan dengan repetisi rendah. Seperti sprint dengan jarak pendek, berlarilah secepat dan sekuat mungkin sewaktu berlatih. Namun tadak perlu sampai banyak repetisi. Cukup 6-8 repetisi dengan 30detik sampai 1 menit istirahat.

Latihan beban otot tungkai bawah adalah latihan utama. Terutama betis otot dan paha. Serta perut dan punggung sebagai core muscle (penyeimbang) tubuh.

Duh, sampe disini dulu kayaknya ya. dah magrib, dan dah capek juga. Cukuplah buat first post gw..

Nanti2 gw sambung lagi dan silahkan bertanya bila ada yang masih membingungkan. Gw akan coba jawab sebisanya…

Leave a Reply

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

